Pages

Thursday 30 April 2015

Kunci Sukses Menghadapi Ujian

Kunci Sukses Menghadapi Ujian

UJIAN kata yang menakutkan bagi para pelajar, termasuk saya. Ujian merupakan proses dimana akan ditentukanya LULUS/TIDAKnya kita, Untuk kalian yang sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian pasti kalian tenang-tenang saja, lalu? bagaimana kalau anda belum siap seperti saya? Malas belajar, Di sekolah gak fokus belajar, dan lain-lain pokoknya.

Baiklah akan saya jelaskan metode syarat LULUS UN menurut Satuan Pendidikan Indonesia:

Menyelesaikan Seluruh Program Pembelajaran
SMP/MTS atau SMPLB apabila anda telah menyelesaikan sekolah mulai dari kelas VII sampai kelas IX,
SMA/SMK atau SMALB harus menyelesaikan sekolah mulai dari kelas X sampai kelas XII,
Beberapa sekolah menerapkan sistem akselerasi apabila anda sudah memenuhi atau menyelesaikan seluruh persyaratan yang dipersyaratkan.
Memperoleh Nilai Baik Pada Penilaian Akhir Untuk Semua Mata Pelajaran
Kriteria nilai minimal (KKM) pada penilaian akhir untuk semua mata pelajaran yang sudah ditetapkan oleh satuan pendidikan.
Lulus Ujian Sekolah(US) Ujian Madarasah(UM)
Nilai Ujian Sekolah diperoleh dengan cara
- Rata-rata nilai raport dari semester 1 sampai semester 5 berbobot 70%
- Rata-rata nilai US/UK berbobot 30%

Nilai ujian sekolah
Lulus UN
Nilai paling rendah adalah 4,0
Rata-rata nilai adalah 5,5

Apabila Anda Sudah Memahami Syarat Atau Kriteria Kelulusan, Maka Simak Tips Supaya Kalian Sukses Dalam Menghadapi UN
1. Mindset Juara
Hal yang pertama harus anda lakukan adalah mentarget dan mengatur pola pikir kalian, bahwa kalian harus memeperoleh juara dan kesuksesan yang maksimal dalam menghadapi UN. Orang bisa sukses karena tindakanya, sedangkan orang bisa bertindak karena pola pikir mereka, maka aturlah pola pikir anda menjadi lebih baik.

2. Hancurkan Penghambat Diri
Banyak yang menghambat/menjadi masalah belajar adalah emosi negatif, apabila anda malas belajar, maka suruhlah seorang untuk menjadi penyemangat anda belajar. Dan pada saat detik-detik menjelang UN, pasti mereka mengalami stress, ketakutan, dan ketidak percaya diri bisa lulus UN atau tidak. Maka hilangkanlah semua fikiran negatif itu.

3. Percaya Diri Menghadapi UN
Banyak anak-anak yang takut mengahadapi UN, takut tidak lulus dan takut tidak bisa mengerjakan. Bahkan kadang anda sudah belajar semalaman tetapi pada saat anda melihat soalnya kalian menjadi drop, maka kalian harus melatih sifat percaya diri pada diri kalian.

4. Disiplin Dalam Belajar
Tidak disilin dalam mengatur waktu, dan suka menunda-nunda dalam belajar dapat menghambat anda dan merusak dalam persiapan Ujian, maka mulai sekarang anda harus bisa mengatur waktu dan disiplin dalam belajar.

5. Beribadah Dan Berdoa
Banyak-banyaklah beribadah dan memohon pertolongan kepada Tuhan, mintalah diberikan kecerdasan dan lancar dalam mengerjakan tugas-tugas beserta Ujian, dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, mungkin anda akan diberi kelancaran dalam mengerjakan Ujian.

No comments:

Post a Comment